TAWARAN HARTA KARUN DARI SEQUISLIFE

TAWARAN HARTA KARUN DARI SEQUISLIFE
Oleh: Eko Endarto

 

Siang itu dalam perjalanan menuju kantor salah satu klien Biro kami saya melihat spanduk yang berukuran cukup besar dengan tulisan mencolok “Temukan harta karun di toko kami”.

Dengan senyum yang tersungging saya membayangkan cerita-cerita dahulu bagaimana sulitnya untuk mendapatkan harta karun.Ingat cerita Alibaba yang kehilangan saudaranya karena dibunuh oleh perampok? Ya seperti itulah sulitnya untuk mendapatkan harta karun tersebut.

Tidak seperti cerita Alibaba dengan jamannya, saat ini untuk mendapatkan harta karun dengan cara seperti itu sudah tidak mungkin. Harta karun jaman sekarang adalah harta yang harus dipersiapkan dan dianggarkan untuk dapat dinikmati.

Persiapkan dengan Sequislife Retirement Life Plan (SRLP)

Mungkin Anda akan bingung kenapa dan bagaimana kita bisa mempersiapkan harta karun untuk anak dan cucu kita melalui produk asuransi di atas.

Oh ya mungkin perlu dijelasin dulu, produk ini adalah salah satu produk unggulan dari PT asuransi jiwa Sequislife salah satu grup perusahaan Gunung Sewu yang telah mulai ada di Indonesia sejak tahun 1984 dengan nama Universal Life indo (ULINDO).

Sebagai salah satu perusahaan asuransi yang cukup besar, asuransi ini cuckup memiliki produk yang lengkap dan beragam. Mulai dari yang tradisional sampai dengan yang terkini seperti unit link.

Produk Sequislife Retirement Life Plan (SRLP) ini adalah salah satu produk tradisional yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi ini. Disebut tradisional karena produk ini adalah produk dasar dari asuransi. Ya murni suatu perlindungan atas jiwa dan penghasilan kita. Bandingkan dengan produk unit link yang selain memberikan perlindungan jiwa juga menjanjikan adanya investasi yang seharusnya bukan produk asuransi.

Produk Asuransi Adalah harta karun?

Anda mungkin akan bingung kenapa harta karun adalah produk SRLP ? Untuk diketahui, produk ini memberikan jaminan atas perolehan uang pertanggungan yang bisa Anda harapkan dimasa datang. Selain itu produk asuransi juga menyediakan nilai perlindungan atas jiwa Anda. Belum lagi adanya bonus dan nilai tunai. Itu semua uang lho makanya kenapa saya katakana harta karun bisa dipersiapkan melalui produk asuransi.

Nah itulah kenapa saya mengangap produk ini dapat kita jadikan harta karun terencana yang dapat kita siapkan untuk anak cucu kita.

Mungkin untuk lebih jelas dan detailnya, kita bahas bagaimana caranya produk ini dapat menjamin harta karun untuk anak cucu kita.

Bagaimana caranya ?

Kalau sudah tahu alasannya, sekarang kita bongkar rahasianya harta karun tersebut.

Ok kita mulai berandai-andai. Misalnya kita ingin mempersiapkan warisan untuk anak dan cucu kita sebesar Rp.500 juta.
Maka kemungkinan yang terjadi dan yang mereka tawarkan adalah :

1. Bila tertanggung meninggal.
Bila ini terjadi sebelum selesainya masa pembayaran premi, maka ahliwaris akan mendapatkan 200% dari uang pertanngungan atau sebesar 2 x Rp.500 juta = 1 milyar.
Bila kematian tertanggung setelah habis masa pembayaran premi maka yang diperoleh ahli waris lebih banyak lagi yaitu 200% up + bonus dan nilai tunai kalau ada.

2. Bila tertanggung sampai dengan masa pensiun yang ditentukan
Ada tiga masa pensiun yang ditawarkan yaitu 55,60 dan 65. Nah bila masa ini tercapai, maka tertanggung akan menerima 100% up yang berarti Rp.500 juta. Jadi pada masa ini selain dapat pensiun dari kantor(bila ada), anda juga bisa memberikan harta karun untuk anak Anda yaitu sebesar Rp.500 juta. Ini berarti jatah pensiun Anda tidak terganggu oleh jatah warisan anak.

3. Bila tertanggung meninggal setelah masa pensiun.
Ini kelebihan lainnya, bila tertanggung meninggal setelah usia pensiun yang ditentukan katakanlah setelah 55 tahun, maka ahli waris akan mendapatkan klaim atas pertanggungan jiwa yang sebesar 100% UP. Atau ini berarti sebesar Rp.500 juta ditambah bonus dan nilai tunai bila ada. Dan ini tentu menjadi jatah cucu Anda.

Gimana cukup menggiurkan tidak? Bayangkan disaat Anda mendapatkan pensiun dari kantor Anda bisa memberikan warisan kepada anak Anda. Dan ketika Anda sudah tidak ada, kenang-kenangan untuk sang cucu telah tersedia.

Lebih Memberi Kepastian

Kalau Anda adalah seorang yang tidak menyukai risiko atas investasi, maka produk ini memang pas untuk Anda. Dengan tingkat kepastian jumlah yang ditawarkan dan juga keleluasaan jangka waktu setoran premi yang mulai dari 5 tahun sampai dengan 20 tahun, maka produk ini layak untuk menjadi pertimbangan.

Dibandingkan dengan produk modern yang berbalut investasi, produk ini memang lebih memberi kepastian dalam mendapatkan uang pertanggungan. Dengan perjanjian umur pensiun 55 tahun misalnya, Anda pasti mendapatkan sebesar uang pertanggungan yang dijanjikan tanpa melihat apakah investasi yang dilakukan menguntungkan atau tidak.

Jadi kalau memang bertujuan untuk mendapatkan perlindungan yang layak, produk ini memang jagonya.

Tapi disamping keunggulan tersebut, tingkat likuiditas yang rendah memang menjadikan produk ini sulit bersaing dengan produk modern lainnya yang memungkinkan untuk ditarik setiap waktu. Belum lagi adanya tawaran ilustrasi hasil investasi pada produk asuransi modern, yang walaupun itu tidak dijamin, tapi memberikan daya pikat tersendiri bagi para nasabah.

Kesimpulan

Produk ini memang tidak memberikan janji-janji besaran hasil investasi yang fantastis. Ini adalah murni produk perlindungan atas pendapatan dan jiwa Anda. Jadi kalau memang Anda ingin terlindungi dengan aman dan mengharapkan besaran jumlah yang pasti atas nilai perlindungan tersebut, maka harta karun untuk anak cucu Anda ini memang bisa dipersiapkan.


Ringkasan

Kekuatan
1. Sebagai produk asuransi yang basisnya mengalihkan risiko maka produk ini memang sudah tepat.Pengalihan risiko atas kematian dan hilangnya pendapatan merupakan sasaran produk ini.
2. Kepastian atas jumlah uang pertanggungan yang didapat menjadi nilai lebih produk dibandingkan investasi lainnya yang tergantung dari keadaan bunga dan iklim investasi.

Kelemahan
1. Tingkat likuiditas yang sangat rendah jika dibandingkan dengan produk asuransi modern khususnya unit link.
2. Tambahan manfaat (riders) yang terbatas membuat produk ini kalah bersaing dengan produk link yang lebih banyak riders-nya.

Saran
1. Untuk kedepannya mungkin bisa ditambahkan beberapa manfaat tambahan yang menguntungkan bagi para nasabahnya. Untuk premi yang setara dengan produk unitlink, manfaat tambahan yang didapat dirasa kurang maksimal.
2. Sebagai produk yang memberikan kepastian hasil, seharusnya produk ini akan lebih memiliki nilai jual dibandingkan dengan produk link yang baru memberikan suatu harapan (asumsi). Dan ini jarang menjadi alat dalam penjualan produk.

Salam.
Eko Endarto
Perencana Keuangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s